Amarta Bisma

Amarta Bisma mengombinasikan dua nama dari dunia pewayangan. Amarta yang merupakan negeri tempat tinggal para Pandawa, juga dikenal sebagai Indraprasta, dan digambar dengan sangat indah oleh RA Kosasih dalam buku komiknya.

Sedangkan Bisma adalah sesepuh para pandawa. Sifat ksatrianya telah teruji, dengan memutuskan untuk tidak menikah demi memenuhi janji kepada ayahnya, dalam mempertahankan keutuhan bangsa kuru. Bisma kemudian menjadi seorang resi dan juga menjadi guru para pandawa.

Dalam perang Bharatayuda, Bisma berperang di pihak para kurawa. Bukan karena ia membela kelicikan dan kejahatan (yang menjadi simbol para kurawa), melainkan sebagai bentuk baktinya kepada negara. Selama hidupnya, Bisma memang tinggal bersama para kurawa di Hastinapura.

Amarta Bisma menjadi pengharapan kami pada negara kami tercinta Indonesia. Kami berharap, Indonesia menjadi seperti Amarta, negara gemah ripah lohjinawi, yang memberi kemakmuran kepada seluruh rakyatnya, dengan seorang pemimpin yang mewarisi keluhuran dan kesetiaan seorang Bisma.

Demikianlah, semoga tak hanya sekedar harapan.

2 responses to “Amarta Bisma

  1. Pak saya boleh minta nomor Hp nya

  2. wow filosofi yang luar biasa khususnya untuk tanah jawa

Tinggalkan komentar